RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P ) seni rupa kelas 1

Mata Pelajaran                : Seni Budaya

Kelas/Semester         : X / 1

Nama Guru                      : ELIVAS BUARANSA, S.Pd

NIP/NIK                           : 19810329 200901 1 004

Sekolah                           : SMK NEGERI 1 BONE-BONE

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

 

Nama Sekolah         :  SMK NEGERI 1 BONE-BONE

Mata Pelajaran        : Seni Budaya

Kelas/Semester      : X / 1

Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

 

A.  Standar Kompetensi

1.      Mengapresiasi karya seni rupa

 

B.  Kompetensi Dasar

1.1    Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

1.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

 

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

–  Menjelaskan pengertian seni rupa terapan

–  Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Luwu Utara

–  Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Luwu Utara

–  Menyebutkan model/corak ukiran Luwu Utara

–  Menggambar motif-motif ukiran Luwu Utara Menyebutkan sikap apresiatif masyarakat Luwu Utara terhadap karya seni rupa terapan

Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

 

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

–  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)

–  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)

–  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

–  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

–  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

 

 

D.  Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
  • Siswa dapat menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

 

 

 

 

E.  Materi Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 dan 2

1.   Karya seni rupa terapan adalah karya seni yang dirancang untuk tujuan fungsional/kegunaan yakni memenuhi kebutuhan fisik maupun psikologis

2.   Sikap apresiatif merupakan sikap menghargai, mengagumi, menilai, menikmati dan menghayati hasil karya dalam hal ini seni ukir Luwu Utara.

3.   Seni ukir Luwu Utara pada umumnya bermotif Simetris, kaku tetapi tampak gagah (megah)

 

F.   Metode Pembelajaran

  • Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
  • Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
  • § Keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
    • Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Luwu Utara
    • § Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab membahas keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Luwu Utara
    • § Siswa dapat  Praktik menggambar motif simetris.
      • Siswa dapat  Diskusi tentang sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Luwu Utara

 

 

 

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-1 dan 2

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diajak mengingat pemahaman tentang karya seni rupa

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa terapan

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi :

  • Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak mengapresiasi terhadap keunikan gagasan teknik seni rupa terapan daerah Luwu Utara.
  •             Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang apresiasi karya seni rupa terapan

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

 

Penutup

  • Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi
  • Siswa dan guru melakukan refleksi
  • Guru memberikan tugas rumah (PR)

 

H.  Alat dan Bahan

1.   Alat : alat gambar

2.   Sumber belajar :

  • Buku paket
  • Buku lain yang relevan (LKS)

 I.    Penilaian

1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3.   Instrumen/soal:

1.   Jelaskan yang disebut karya seni rupa terapan!

2.   Sebutkan keunikan gagasan ukiran daerah Luwu Utara!

3.   Sebutkan minimal tiga keunikan teknik seni rupa terapan daerah Luwu Utara!

4.   Sebutkan motif-motif ukiran Luwu Utara!

5.   Bagaimana saran Anda agar ukiran Luwu Utara lebih maju dan berkembang!

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

Bone-Bone, ….,……,…………

Guru Bidang Studi

 

 

 

ELIVAS BUARANSA, S.Pd

NIP 19810329 200901 1 004

Bone-Bone, ….,……,…………

Guru Bidang Studi

 

 

 

 

ELIVAS BUARANSA, S.Pd

NIP 19810329 200901 1 004

Mengetahui :

Kepala SMK Negeri 1 Bone-Bone,

 

         Ir. SYAFI’I, M.Si

NIP. 196303051993031008

 


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

( R P P )

 

Nama Sekolah         :  SMK NEGERI 1 BONE-BONE

Mata Pelajaran        : Seni Budaya

Kelas/Semester      : X / 1

Alokasi Waktu         :  4 jam pelajaran (2 x pertemuan)

 

A.  Standar Kompetensi

2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

 

B.  Kompetensi Dasar

2.1    Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

2.2    Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

 

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi  :

Indikator Pencapaian Kompetensi

Nilai Budaya Dan

Karakter Bangsa

–  Menjelaskan tentang merancang karya seni rupa terapan

–  Menyebutkan persiapan-persiapan merancang karya seni rupa dengan teknik dan corak daerah Luwu Utara (motif Rongkong)

–  Mempraktikkan teknik-teknik pembuatan ukiran

–  Menyebutkan dan menggambar macam-macam pola ukiran

–  Menyebutkan alat-alat yang digunakan dalam pembuatan ukiran

–  Membuat karya seni rupa terapan secara sederhana, dengan berkelompok.

Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis

 

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :

–  Kreatif (Mengemukakan gagasan baru)

–  Mandiri (Mampu mencari sumber belajar sendiri)

–  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).

–  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).

–  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.  Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
  • Siswa dapat membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

 

 

 

 

E.  Materi Pembelajaran

Pertemuan Ke-3 dan 4

1.   Dalam merancang seni ukir perlu persiapan-persiapan antara lain persiapan konstruksi barang, persiapan pola gambar hiasan dan ukiran

2.   Dalam membuat karya seni ukir diperlukan alat-alat pokok, alat dan perkakas perlengkapan, dan urutan pelaksanaan mengukir

 

F.   Metode Pembelajaran

  • Diskusi kelompok, tanya jawab, inkuiri, dan penugasan

 

Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Mandiri

  • Merancang karya seni rupa terapan dengan  memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
  • Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
  • Merancang karya seni rupa terapan daerah Luwu Utara (motif Rongkong)
  • Membuat karya seni rupa terapan
  • Siswa dapat  Diskusi dan tanya jawab tentang cara merancang karya seni rupa terapan daerah setempat.
  • Siswa dapat  Praktik menggambar pola ukiran
  • Siswa dapat  Tanya jawab tentang cara membuat karya seni rupa terapan

 

G.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Ke-3 dan 4

Pendahuluan

Apersepsi:

Siswa diajak mengingat pemahaman tentang apresiasi karya seni rupa terapan daerah Luwu Utara (motif Rongkong)

 

 

Motivasi:

Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik, untuk membantu siswa dalam merancang dan

membuat karya seni rupa daerah Luwu Utara

Kegiatan Inti

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi :

  • Dengan berdialog dan berdiskusi, siswa diajak memahami persiapan dalam membuat rancangan

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi :

  • Dengan berdiskusi dan tanya jawab siswa diajak memahami masalah yang berkaitan dengan cara membuat karya seni rupa terapan
  • Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang cara merancang dan membuat karya seni ukir

 

Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:

  • Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
  • Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis,);

 

Penutup

  • Dengan bimbingan guru siswa diminta untuk membuat rangkuman materi (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
  • Siswa dan guru melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);
  • Guru memberikan tugas rumah (PR) (nilai yang ditanamkan: Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin, jujur, disiplin, demokratis.);

 

H.  Alat dan Bahan

1.   Alat : peralatan mengukir

2.   Sumber belajar :

  • Buku paket
  • Buku lain yang relevan (LKS)

I.    Penilaian

1.   Teknik/jenis : kuis dan tugas individu

2.   Bentuk instrumen: pertanyaan lisan dan tes tertulis

3.   Instrumen/soal:

1.   Sebutkan tiga teknik membuat pola ukiran!

2.   Jelaskan yang disebut pola ukiran Motif Rongkong!

3.   Sebutkan alat-alat pokok mengukir kayu!

4.   Sebutkan macam-macam pahat, gambarkan salah satunya!

5.   Sebutkan macam-macam cara pemolesan!

 

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut:

Nilai akhir = perolehan skor/skor maksimum (70) x skor ideal (100)

 

 

 

Mengetahui :

Kepala SMK Negeri 1 Bone-Bone,

 

         Ir. SYAFI’I, M.Si

NIP. 196303051993031008

 

Bone-Bone, ….,……,…………

Guru Bidang Studi

 

 

 

ELIVAS BUARANSA, S.Pd

NIP 19810329 200901 1 004

 

About these ads

About elivas02

guru seni budaya
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s